Ilustrasi Makanan Pedas
Kuliner merupakan topik yang selalu menarik untuk diperbincangkan. Makanan dengan cita rasa pedas, merupakan salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Bagi sebagian orang, mengkonsumsi makanan pedas bisa meningkatkan nafsu makan.

Makanan Pedas Khas Indonesia


Berbicara tentang makanan pedas, Indonesia memiliki banyak kuliner dengan cita rasa pedas. Setiap kuliner memiliki rasa dan ciri khas masing-masing. Tentunya hal tersebut semakin menambah kekayaan kuliner Indonesia.
Dan berikut adalah beberapa Makanan Pedas Khas Indonesia.

1. Mie Aceh


Dari ujung barat nusantara, ada Mie Aceh. Salah satu ciri khas pada Mie Aceh adalah menggunakan mie yang cukup besar dan tebal. Pada umumnya, Mie Aceh memiliki dua varian. Yakni mie kuah dan mie kering. Untuk mie kuah, biasanya menggunakan kuah kari sehingga memiliki rasa yang lebih gurih.
Mie Aceh biasa dikonsumsi dengan daging kambing atau sapi. Namun tak sedikit Mie Aceh yang dicampur dengan makanan laut seperti cumi, udang, atau kepiting.

Kalau soal rasa, jangan ditanya. Baik mie kuah atau mie kering, keduanya memiliki rasa pedas yang cukup menggigit.

2. Rendang


Rendang merupakan kuliner yang berasal dari Sumatera Utara. Makanan satu ini telah dikenal di seluruh penjuru nusantara, bahkan di dunia. Rendang sendiri merupakan kuliner yang terbuat dari daging, yang dicampur dengan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah. Proses memasak rendang bisa memakan waktu berjam-jam.
Sama seperti Mie Aceh, Rendang juga didominasi oleh rasa pedas.

3. Seblak


Kuliner pedas berikutnya adalah seblak. Kuliner pedas ini berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Seblak dikenal sebagai kuliner dengan cita rasa pedas yang kuat. Seblak terbuat dari kerupuk udang, yang dicampur dengan bumbu dan cabai rawit. Bahan tambahan yang biasanya terdapat pada seblak seperti sosis, bakso, dan sayuran.
Seblak didominasi rasa gurih, pedas, dengan tekstur yang kenyal. Namun, ada juga varian seblak kering yang sering dijadikan sebagai snack.

4. Penyetan


Beralih ke provinsi Jawa Timur, ada Penyetan. Nama penyetan sendiri berasal dari kata penyet yang berarti gepeng. Hal ini dikarenakan, Penyetan dibuat dengan cara diulek. Makanan yang biasa dijadikan Penyetan seperti tempe, dan ayam goreng.
Penyetan memiliki rasa pedas yang kuat, karena bumbu dan sambalnya meresap sempurna.

5. Bebek Pedas Madura


Sesuai namanya, kuliner satu ini berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur. Bebek Pedas Madura merupakan olahan bebek, dengan bumbu pedas. Cita rasa dari Bebek Pedas Madura, didominasi rasa pedas, dengan tekstur daging yang empuk.

6. Ayam Betutu


Selain terkenal akan keindahan pantainya, Bali juga memiliki kuliner yang menarik untuk dicicipi. Salah satu kuliner khas Bali yang cukup populer adalah Ayam Betutu.
Ayam Betutu sendiri merupakan olahan daging ayam, yang disajikan dengan bumbu betutu. Ayam Betutu juga biasa disajikan dengan sambal matah, sehingga menghasilkan cita rasa pedas yang mengguggah selera.

7. Ayam Taliwang


Jika Bali memiliki Ayam Betutu, Lombok juga memiliki Ayam Taliwang. Kedua olahan ayam ini sama-sama memiliki rasa pedas yang bisa menggoyang lidah. Ayam Taliwang merupakan olahan ayam bakar, dengan bumbu cabai. Ayam Taliwang sendiri didominasi rasa pedas dan gurih.
Jika masih kurang, anda bisa mengkonsumsi Ayam Taliwang dengan sambal pedas khas Lombok, untuk menciptakan rasa pedas lebih.

Demikian informasi mengenai Makanan Pedas Khas Indonesia, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan dikolom komentar.