Mie Khas Indonesia
Indonesia merupakan negara yang kaya. Dari mulai aneka tempat wisata, hingga aneka kuliner yang siap menggoyang lidah. Salah satunya adalah Mie. Kuliner satu ini, berkembang di Indonesia dengan sangat cepat. Bahkan setiap daerah memiliki Mie dengan ciri khas masing-masing.

Berbagai Mie Khas Indonesia


Mie sendiri merupakan bahan makanan yang terbuat dari tepung, dengan bentuk memanjang. Diperkirakan, kuliner ini berasal dari Tiongkok (China). Seiring berjalanya waktu, Mie menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.
Tentunya Mie Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, sesuai dengan kebudayaan lokal. Berikut adalah Berbagai Mie Khas Indonesia.

1. Mie Aceh


Cita rasa Mie Aceh, didominasi bumbu rempah yang kuat. Mie Aceh dipadukan dengan berbagai isian seperti daging sapi, ayam, atau berbagai jenis seafood. Saat membeli Mie Aceh, anda bisa memilih Mie rebus, setengah basah, maupun kering.
Biasanya, Mie Aceh disajikan dengan bahan pelengkap seperti bawang goreng, emping, maupun acar. Tentunya hal ini menciptakan rasa yang unik dan lezat.

2. Mie Celor


Masih dari pulau Sumatera, tepatnya dari kota Palembang, ada Mie Celor. Kuliner satu ini menggunakan Mie dengan tekstur yang padat dan besar. Selanjutnya, Mie disiram dengan kuah yang terbuat dari santan dan kaldu udang. Biasanya, Mie Celor disajikan dengan bahan pelengkap/isian seperti udang, telur, tauge, dan irisan bawang.

Selain di Palembang, Mie Celor juga ada di Jambi. Bedanya, Mie Celor Jambi menggunakan kuah yang lebih ringan (tidak terlalu kental). Mie Celor Jambi juga disajikan dengan pelengkap seperti perkedel, dan irisan daging.



3. Mie Kocok


Mie Kocok merupakan kuliner khas dari kota Bandung. Sesuai namanya, Mie Kocok dibuat dengan cara memasukan Mie kedalam air panas, lalu dikocok. Kuliner ini biasa disajikan dengan bakso, tauge, dan kikil sapi. Selain itu, anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis, untuk memberi rasa segar.

4. Bakmi Jawa


Hampir sama seperti Mie Aceh, Bakmi Jawa juga memiliki berbagai pilihan penyajian. Dari mulai direbus, setengah basah, maupun kering. Mie Jawa diolah menggunakan anglo (tungku tradisional) sehingga memiliki rasa yang khas. Biasanya, Mie Jawa disajikan dengan telur, suwiran daging ayam, dan sayuran seperti kol, tomat, serta daun bawang.

5. Mie Ongklok


Dari kota Wonosobo, ada Mie Ongklok. Ciri khas dari Mie Ongklok adalah kuahnya yang kental. Hal ini dikarenakan, kuah Mie Onglok terbuat dari tepung kanji. Mie Ongklok biasa disajikan dengan cabai, kucai, dan bawang goreng.

6. Mie Kepting


Mie Kepiting merupakan kuliner khas kota Pontianak. Jika dilihat sekilas, kuliier ini mirip dengan Mie Ayam. Bedanya, isian yang digunakan berupa kepiting. Mie Kepiting juga biasa disajikan dengan bakso ikan, dan pangsit goreng.
Bagi para pecinta seafood, kuliner ini harus anda coba.

Demikian informasi mengenai Berbagai Jenis Mie Khas Indonesia, semoga bermanfaat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan dikolom komentar.